News Update :
Home » » Sampai Hari Ke Lima Baru Dua Pasangan Yang Mendaftarkan Diri ke KPU

Sampai Hari Ke Lima Baru Dua Pasangan Yang Mendaftarkan Diri ke KPU

Penulis : Dedie Kusmayadi on Kamis, 08 November 2012 | Kamis, November 08, 2012

Pasangan cabup (calon bupati) dan calon wakil bupati (cawabup) yang sudah mendaftar ke KPU Kab. Sumedang pada Pemilihan Bupati (Pilbup) Kab. Sumedang, 24 Februari 2013, hingga hari ke-5, Kamis (8/11) ini baru dua pasangan calon (paslon) sedangkan penutupan tanggal 10 Nopember 2013.

Keduanya dari calon perseorangan, yakni H. Oom-Erni Juwita, Rabu (7/11) pukul 9.00 WIB dan Hj. Enny Sumarni-Arrys Sudradjat, Kamis (8/11) pukul 8.30 WIB. Sementara pasangan cabup-cawabup dari parpol, hingga kini belum satu pun yang mendaftar.

“Informasinya, Jumat (9/11) besok, ada satu lagi yang akan mendaftar dari parpol. Kita tunggu saja, sampai pukul 16.00 WIB. Kemungkinan besar, para paslon akan banyak yang mendaftar pada hari terakhir, Sabtu (10/11) nanti. Namun, kami menyarankan kalau bisa paslon mendaftar lebih awal supaya waktunya lebih leluasa. Jika ada persyaratan kurang lengkap, kan masih ada waktu untuk melengkapinya. Khusus untuk paslon dari parpol, harus dihadiri ketua dan sekretaris partai untuk penandatangan berita acara,” kata Ketua KPU Kab. Sumedang, Asep Kurnia, SH di kantornya, Kamis (8/11).

Ia mengatakan, sehubungan akan banyak paslon yang mendaftar pada hari terakhir, sehingga pihaknya menyarankan agar setiap paslon tidak membawa massa pendukung terlalu banyak. Selain tempatnya terbatas, juga untuk menjaga keamanan dan kenyamanan para calon sendiri ketika mendaftar.

“Guna mengantisipasi banyaknya paslon yang mendaftar hari terakhir, kemungkinan kita akan membuat dua meja pendaftaran. Dan waktu pendaftarannya akan berlangsung sampai pukul 00.00 WIB. Lewat pukul 00.00 WIB, kita tidak akan menerima lagi pendaftaran sesuai ketentuan perundang-undangan. Intinya, tidak ada toleransi waktu di atas pukul 00.00 WIB,” kata Asep.

Lebih jauh ia menjelaskan, setelah pendaftaran pasangan cabup-cawabup ditutup, selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan berkas pendaftaran paslon berikut persyaratannya, mulai Minggu (11/11) hingga Jumat (16/11) nanti.

“Setelah itu, tanggal 17 November penetapan calon dan besoknya, tanggal 18 November penentuan nomor urut. Untuk pemeriksaan berkas pendaftaran paslon, akan melibatkan kepolisian, kejaksaan, Dinas Pendidikan (Disdik) dan petugas RSUD Sumedang. Contoh Disdik, untuk memeriksa ijazah para calon, kalau-kalau ada ijazah palsu,” kata Asep.

Ditemui usai mendaftar ke KPU, cabup perseorangan, Hj. Enny Sumarni mengatakan, dirinya sengaja mendaftar di pertengahan waktu pendaftaran, agar lebih leluasa dan persiapannya matang.

“Untuk persyaratan tidak ada masalah. Bahkan penyerahan berkas dukungan dua kali lipat sudah terpenuhi sebanyak 20.010 berkas dukungan. Saya optimis sukses dan bisa bersaing dengan paslon dari parpol. Kantong-kantong untuk mendulang suara pada Pilbup nanti, fokus di Daerah Pemilihan (Dapil) IV, seperti Darmaraja, Cisitu dan Situraja,” katanya.

Ditanya kendala dalam mengumpulkan berkas dukungan, Hj. Enny mengaku pada Pilbup kali ini cukup sulit, ketimbang Pilbup sebelumnya. Sebab, masyarakat lebih hati-hati dan cerdas dalam memberikan dukungannya. “Masyarakat ingin dikunjungi langsung oleh kami, karena ada kekhawatiran KTP-nya takut disalahgunakan. Sampai-sampai, dalam sehari dua kali kunjungan kepada warga. Lumayan, lelah juga,” ujarnya.
Share Berita ini :


 
Copyright © Sumedang Post Online
RSS Feed